Site Search
News Updates!
------------------------------
News & Events
03/03/2013
Penerapan Adiwiyata SMA Negeri 80, pada akhirnya membawa hasil, menjadi wakil dari Jakarta Utara masuk ke Tingkat Provinsi
[ read more ]
03/05/2013
Penilaan masih berpihak pada SMA Negeri 80, untuk mewakili DKI Jakarta ke tingkat Nasional.
[ read more ]
Education Evalutions

 

Melestarikan lingkungan hidup merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi dan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau pemimpin negara saja melainkan tanggung jawab setiap insan di bumi. Setiap orang harus melakukan usaha untuk menyelamatkan lingkungan hidup disekitar kita sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Sekecil apapun usaha yang kita lakukan sangat besar manfaatnya bagi terwujudnya bumi yang layak huni bagi generasi anak cucu yang akan datang.

 

Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) merupakan upaya untuk mengubah perilaku dan sikap yang dilakukan oleh berbagai pihak atau elemen masyarakat  yang bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan. Semua itu pada akhirnya dapat menggerakkan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan generasi sekarang dan yang akan datang.

 

Salah satu implementasi PLH pada jalur formal adalah adanya program ADIWIYATA oleh pemerintah khususnya dari penerapan Kesepakatan Bersama Kementrian Negara Lingkungan Hidup dengan Departemen Pendidikan Nasional, KEP 07/MENLH/06/2005 dan Nomor : 05/VI/KB/2005.

 

Sekolah sudah menerapkan dari awal ketika siswa masuk ke dalam gedung dengan program 5 S yaitu Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun. Dalam penerapan kurikulum berbasis lingkungan sudah dilakukan dengan  sistem integratif pada berbagai mata pelajaran diantaranya Biologi, Kimia, Geografi, pendidikan Agama dll, sehingga  setiap guru ikut bertanggung jawab pengembangan lingkungan hidup kepada semua siswa.